Jumat, 15 November 2013

Resensi Buku (Tugas Bahasa Indonesia 2011 | MAN Cianjur XII-ipa4



1.       Identitas Buku
Judul                     : Ketika Cinta Berbuah Surga
Pengarang          : Habiburrahman El Shirazy
Editor                    : Mutia Praheswari
Penerbit              : MQS Publishing, Bandung
Cetakan               : Cetakan I, 2005 – Cetakan XXII, 2008
Tebal Buku          : VIII+116 halaman

2.       Kelebihan Isi Buku
Buku ini memuat 29 kisah pilihan yang diambil dari hadits Nabi, kisah-kisah zaman sahabat Nabi, zaman tabi’in, dan kisah teladan dari berbagai belahan dunia islam. Tidak luput pula, buku ini mengambil dari fabel terkenal yang termaktub dalam kitab Al-Qiraah Al-Rasyidah.
                Sejumlah kisah seperti, Malaikat dan Tiga Lelaki Cacat, Suara dari Langit, Karena Mimpi Melihat Neraka, Keutamaan Sedekah, Kayu Ajaib, dan Orang Terakhir Masuk Surga, diambil dari kitab shahih Bukhari dan shahih Muslim. Selebihnya, diangkat dari Sirah Nabawiyah. Diantaranya, kisah Rahasia Tiga Pertanyaan.
                Buku ini pernah diterbitkan oleh sebuah penerbitan di Yogjakarta (2003), dalam tajuk Bercinta Untuk Surga. Namun, buku tersebut tidak bisa diterbitkan kembali di sana. Padahal, desakan dari khalayak pembaca untuk segera menerbitkan kembali tak sedikit jumlahnya.
                Buku ini terjual lebih dari 50.000 eksemplar, dan mendapatkan penghargaan sebagai buku Best Seller Nasional.
                Dari isi buku ini adalah cerita-cerita yang bisa memberikan teladan yang baik untuk pembaca. Bukan sekedar teladan yang baik, tapi juga mampu membangun kepribadian pembaca, tentunya ke arah yang lebih produktif; saat ini, dan untuk masa depan nanti.
                “Maka lihatlah sejarah-sejarah moyangmu untuk kebaikan masa depanmu,” Demikian petuah bijak yang menafasi kelahiran buku ini.
3.       Kekurangan Isi Buku
Buku ini tidak mencantumkan identitas penulis, sehingga pembaca tidak mengetahui lebih jelas tentang penulis. Dalam diksi buku ini tidak ada kekurangan, bahasanya sederhana dan mudah dipahami. Namun maknanya dalam dan indah. Ceritanya mengalir dan komunikatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar