Jumat, 15 November 2013

Berita Kita (Dimuat di Majalah ISMA 2011)



Berita Kita

Neidya Zulfa N Raih Juara III
Baca Sajak Sunda se-Jabar

Dalam rangka Ngariksa Budaya Sunda, BEM HIMA PENSATRADA Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FPBS UPI, mengadakan acara tahunan yaitu “Riksa Budaya Sunda” yang digelar pada tanggal 4-9 April 2011.
Acara yang bertemakan Mekar Basana, Nanjeur Budayana ini terdapat lima perlombaan yaitu Pasanggiri Dongeng (4/4), Pasanggiri Pupuh (5/4), Pasanggiri Sajak Pelajar (6/4), Pasanggiri Debat (7/4), dan Pasanggiri Sajak Umum (8/4).
Dalam pasanggiri sajak pelajar diikuti oleh 82 pelajar SD-SMA Sederajat dari berbagai kota wilayah Jawa Barat. Tercatat 15 pelajar dari beberapa sekolah kota Cianjur. Diantaranya dua pelajar siswi dari MAN Cianjur yaitu Neidya Zulfa dan Lina Fatinah.
Dari puluhan pelajar se-Jabar yang terpilih ke dalam sepuluh nominasi terbaik yaitu Yuda Purwa Purnama (SMAN 1 Lembang), Magdalena (SMAN 1 Kwali), Neidya Zulfa (MAN Cianjur), M.Fasha Ruouf (SMAN 1 Cianjur), Sri Guntari (SMK SPP GERLONG), Hinhin Wahdah (SMAN 2 Cianjur), Meti Sukmawati, M.Putra Nugraha (SMAN 1 Purwakarta), Deska Mahardika (SMAN 1 Lembang), Frhisca (SMAN 1 Ciparay).
Yang menjadi juara I, II dan III. Masing-masing diraih Yuda Purwa Purnama (SMAN 1 Lembang), Magdalena (SMAN 1 Kwali), dan Neidya Zulfa Noor El-Nashr (MAN Cianjur). Yang dinilai oleh tiga Dewan Juri yaitu Ayi kurnia, Dian Hendrayana dan Agus suherman. Para juara masing-masing mendapatkan sertifikat, piala, hadiah, dan uang pembinaan.
Sedang dalam pasanggiri sajak umum masing-masing diraih oleh Rangga rahardian, Eka dan Diah rosdiana, S.sn. Yang di nilai oleh tiga Dewan Juri yaitu Ano Karsana, Ayi kurnia, dan Dian Hendrayana.
Acara insidental riksa budaya sunda ini yang bekerjasama dengan BPBDK DISDIK JABAR (Balai Pengembangan Bahasa dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Jawa Barat) dan disponsori oleh Kiblat, Daluang, CV.Geger Sunten, Indofood, dan Oriflame. Menganggarkan dana tiga puluh lima juta rupiah (intern). Terdapat 245 panitia yang menyelenggarakan acara tersebut.
Dalam penutupan acara incidental riksa budaya sunda kali ini di meriahkan oleh BEM HIMA PENSATRADA yang terdiri dari LISENDA (Lingkung Seni Sunda), SAMBADA (Sanggar Mahasiswa Basa Sunda), dan TURUS (Buletin Bulanan Sunda). Masing-masing menampilkan kreasi diantaranya dari TURUS menampilkan Rampak Sajak, LISENDA menampilkan Jaipongan, Akustik dari Jurusan B.Arab, Cruiz Seni Musik dari Jurusan Seni, Vocal grup bahasa inggris dari Jurusan B.Inggris, seni rupa, sastrasia, saung sastra lembang, dan dari SAMBADA menampilkan Longser.
Acara penutupan ini dimulai dari jam 08:00 s/d 12:00 WIB pada tanggal 09 April 2011. (Lina Fatinah XI Ipa 4).***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar