Jumat, 15 November 2013

Asap Rokok Pembunuh Diam-diam



Artikel ini adalah salah satu tugas Bahasa Indonesia 2010 | MAN Cianjur | XII-ipa4

Asap Rokok Pembunuh Diam-diam
Sudah tidak asing lagi, asap rokok yang mengepul di angkutan umum selalu di temui. Setiap bertransportasi menggunakan angkutan umum, banyak sekali dari kalangan tua bahkan pemuda yang menghisap rokoknya tanpa memerhatikan atau peduli kepada yang disekitarnya.
Asap rokok yang mengandung zat nikotin itu dapat merusak bahkan meracuni. Sudah jelas bagi perokok aktif itu dapat menyebabkan kanker. Sekarang, bagaimana dengan perokok pasif? Tentu, itu pun membahayakan, karena terhirup oleh mereka yang tidak merokok dan masuk ke dalam paru-paru. Lama-kelamaan itu dapat menyebabkan penyakit. Orang-orang yang merokok di dalam angkutan umum, tentu akan mengganggu dan tidak membuat nyaman para penumpang yang tidak suka rokok. Penumpang yang lain akan sangat merasa jengkel melihat orang disekitarnya yang merokok. Selain mengganggu kenyamanan, mereka yang merokok pun menanam benih-benih penyakit bagi para perokok pasif.
Sebaiknya pemerintah memperhatikan dan memberikan kebijakan yang lebih terhadap hal ini, sehingga mereka perokok aktif akan merasa takut dengan sanksi yang diterapkan dalam wilayahnya, dan alangkah lebih baik lagi pemerintah menyediakan tempat khusus merokok. Seharusnya bagi mereka yang aktif merokok menyadari akan hal bahayanya merokok, dan mempunyai budaya malu merokok di tempat umum.

Komentar dari neng  nuroh khomisah:
Saya setuju dengan kritikan ini, karena memang zaman sekarang banyak yang merokok tanpa memperhatikan dampak negatif bagi orang lain dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar